Minggu, 09 Desember 2012

MODUL  1
HAKEKAT PERKEMBANGAN BAHASA


I.              KEPEMILIKAN BAHASA DAN MANUSIA

·      Kontribusi bahasa pada kehidupan manusia sangat besar, bahasa berperan memungkinkan manusia dapat berinteraksi , menyelesaikan masalah, membuat atau meneruskan kebudayaan.
·      Bahasa pada manusia merupakan system symbol untuk berkomunikasi dengan orang lain, menumbuhkan daya cipta dan memiliki system aturan. Dengan daya cipta tersebut manusia dapat menciptkan berbagai macam kalimat yang bermakna. Jadi bahasa  merupakan alat komunikasi social bagi ras manusia bukan spesies lain.
Sedangkan bahasa pada hewan hanya berfungsi sebagai isyarat untuk mengkomunikasikan berbagai kebutuhan dasar mereka, seperti makan, mempertahankan diri, perkawinan dll. rendaberkumunikasi satu sama lain. Hewan memang dapat dilatih untuk memanipulasi symbol-simbol mirip bahasa pada manusia Namun, symbol-simbol tersebut lebih- rendah jika dibandingkan dengan system symbol pada bahasa manusia.
Vessel dalam Bromley, (1994) mengatakan simpanse, gorilla, dan ikan lumba-lumba  dapat dilatih untukberkomunikasi dengan manusia  melalui bahasa isyarat, bahasa tubuh, dan computer.  Sekalipun hewan-hewan tersebut dapat memahami puluhan, ratusan bahkan ribuan kosa kata,namun hewan tidak memiliki mekanisme fisik untuk memproduksi bahasa. Jadi bahasa itu hanya fenomena manusia.
. Holzman dalam Bromley, (1994) mengatakan ada tiga aspek yang membedakan bahasa manusia  dan bahasa/system isyarat pada hewan. Pertama, bahasa manusia bersifat produktif sedangkan sisten isyarat pada hewan bersifat tak produktif. Kedua, bahasa pada manusia terlepas dari konteks/situasi, sedangkan bahasa pada hewan  terikat akan konteks/situasi. Ketiga, manusia menggunakan bahasa untuk berkomunikasi, sedangkan hewan menggunakan bahasa/isyarat untuk menginformasikan sesuatu.
Beberapa pandangan tentang bahasa.
·      Study filsafat bahasa bertujuan mempelajari susunan bahasa yang meliputi hubungan berpikir dan berbahasa. Bahasa sebagai obyek study berakar dari filsafat.
·      Study social, bahasa sebagai alat komunakasi tidak terlepas dari konteks  social yang  berkaitan dengan semantic dan fungsi ekspresif/menyampaikan ekspresi.(Buhler dalam Bromley 1994).
·      Study epistimologi filsafat dan perkembangan kognitif, bahasa dipakai sebagai media untuk mempelajari perkembangan kemampuan bahasa seseorang (Chomsky, 1959) 
II.           PENGERTIAN BAHASA DAN KOMUNIKASI
Pengertian
Bahasa sebagai suatu system lambing bunyi yang bersifat arbitrer (manasuka) yang digunakan dalam masyarakt untuk berkomunikasi, bekerja sama,berinteraksi dan mengidentifikasi diri (Yus Badudu, 1989). Sedangkan Bromley (1992) mengatakan bahwa bahasa sebagai system symbol yang teratur untuk mentransfer berbagai ide dan informasi yang terdiri atas symbol-simbol visual maupun verbal.
Komunikasi memiliki makna lebih luas dari sekedar bahasa. Komunikasi tidak terbatas pada bahasa verba (bicara) tetapi seluruh hal yang diekspresikan melalui bahasa tubuh, wajah, suara-suara non linguistic (mengguman atau menggerutu).
Sistem symbol  dalam bahasa meliputi fonologi, sintaksi, semantic, dan pragmatic.
Fonologi merupakan study tentang system bunyi-bunyian bahasa. Morfologi merupakn study tentang pengkombinasioan morfem. Morfem merupakan rangkaian bunyi terkecil yang memiliki makna. Sintaksis merupakan study tentang tata kata atau bentuk-bentuk kata. Sematik study tentang tata makna. Pragmatik study tentang bahasa untuk menyampaikan maksud.
Prinsip penggunaan bahasa dalam Kurikulum yaitu: 1) Terdapat hubungan keempat aspek keterampilan bahasa yaitu mendengarkan/menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. 2) Literatur atau sumber bahasa sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bahasa. 3) Belajar bahasa secara alamiah. 4) Belajar bahasa sesuai dengan potensi dan kebutuhan anak.


III.        KARAKTERISTIK, BENTUK DAN FUNGSI BAHASA
Karakteristik bahasa meliputi:
·           Sistematis, bahasa bersifat teratur, standar, dan konsisten.
·           Arbitrari, bahasa merupakan hasil kesepakatan masyarakat pemakai bahasa
·           Fleksibel, bahasa dapat berubah sesuai dengan perkembangan zaman dan IPTEK
·           Beragam, bahasa memiliki berbagai variasi dialog sesuai dengan geografisnya
·           Kompleks, bahasa mampu menjelaskan berbagai konsep, ide, maupun hubungan-hubungan yang dapat dimanipulasikan saat berpikir dan bernalar.

Bentuk  bahasa
Bromley (1994) bentuk bahasa meliputi
1.        Mendengarkan
2.       
---BhsOral ------
Menulis
Menyimak
Berbicara
Membaca
Proses berbahasa
Membaca
3.        Berbicara
4.        Menulis
Bhs reseptif
 

Bhs ekspresif
Skema Keterampilan Berbahasa

--Bhs Tulis---
Skema keterampilan Berbahasa
 





Keterangan:
Menyimak dan membaca  merupakan bahasa reseptif  (comprehending process) , sedangkan berbicara  dan menulis merupakan keterampilan bahasa ekspresif (composing process). Cara anak menggunakan bahasa akan berpengaruh pada kemapuan kognitif, social, dan emosional.  Thais dalam Bromley 1994 menyatakan bahwa anak -anak dapat memahami  dan mengingat suatu informasi jika mereka mendapat kesempatan  untuk membicarakannya, menuliskannya, menggambarkannya dan memanipulasinya.
Perbedaan keempat keterampilan berbahasa yaitu:
·           Anak menyimak, menerima informasi dan mengekspresikan dengan cara yang unik dan bersifat individual.
·           Penerimaan dan pengekspresian bahasa terjadi dengan kecepatan yang berbeda.
·           Bentuk bahasa berbeda. Membaca dan menulis bersifat permanen yang melibatkan tinta. Menyimak dan berbicara bersifat sementara.
·           Bentuk bahasa berbeda dalam kandungan dan fungsinya. Contoh bahasa dalam diskusi berbeda dengan bahasa dalam tulisan. Sintak dalam bahasa tulis lebih akurat dari pada sintak dalam bahasa lisan.




Lima fungsi bahasa menurut Bromley (1994) meliputi:
·           Bahasa menjelaskan keinginan dan kebutuhan individu
·           Bahasa dapat mengubah dan mengontrol perilaku yang diinginkan.
·           Bahasa membantu perkembangan kognitif manusia
·           Bahasa mempererat interaksi dengan orang lain.
·           Bahasa mengekspresikan keunikan individu
Gorys Keraf (2001:3-8) menyatakan bahwa ada empat fungsi bahasa, yaitu:
1.    Alat untuk menyatakan ekspresi diri,
2.    Alat komunikasi .
3.    Alat mengadakan integrasi dan adaptasi sosial
4.    Alat mengadakan kontrol sosial



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar