SILABUS
Nama Mata Kuliah : Manajemen Kelas
Kode Mata Kuliah : GSD 3124
SKS : 2 sks Teori
Dosen : ……………….....
Program Studi : S1 PGSD UNIROW TUBAN
Waktu Perkuliahan : Semester VII
Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah Manajemen Kelas merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib tempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar, pendekatan dalam pengelolaan kelas, strategi pengelolaan lingkungan belajar, pembinaan disiplin dan perilaku, penciptaan iklim kelas, dan hambatan-hambatan dalam manajemen kelas.
Pengalaman Belajar : Mata kuliah Manajemen Kelas ini dilakukan dengan tatap muka,
presentasi dan diskusi, dan penugasan.
Uraian Pokok Bahasan Tiap Pertemuan
Pertmn
|
Tujuan
|
Pokok Bahasan dan Sub Pokok Bahasan
|
Tugas
|
1,2
|
Mahasiswa mampu
memahami pengertian dan
konsep-konsep dasar
pengelolaan kelas
|
Pokok Bahasan :
1. Prinsip-Prinsip Managemen Kelas
Sub Pokok Bahasan :
a. Mengajar dan Manajemen Kelas
b. Pengertian dan Tujuan Manajemen Kelas
c. Aspek Fungsi dan Masalah MK
d. Kelas yang nyaman dan menyenangkan
|
Membuat makalah
|
3,4
|
Mahasiswa mampu
menguraikan dan membuat
contoh pendekatan dalam
manajemen kelas
|
Pokok Bahasan :
2. Pendekatan dalam Manajemen Kelas
Sub Pokok Bahasan :
a. Pendekatan Otoriter
b. Pendekatan Intimidasi
c. Pendekatan Permisif
d. Pendekatan Buku Masak
e. Pendekatan Instruksional
f. Pendekatan Proses Kelompok
g. Pendekatan Sosioemosional
h. Pendekatan Perubahan Perilaku
i. Pendekatan Eklektik
j. Pendekatan analitik pluralistic
|
Membuat makalah
|
5,6
|
Mahasiswa mampu
menguraikan prosedur dan rancangan
manajemen kelas
|
Pokok bahasan:
3. Prosedur dan Rancangan MK
Sub pokok bahasan:
a. Prosedur MK
b. Rancangan prosedur MK
|
Membuat makalah
|
Ujian Tengah Semester
| |||
7,8
|
Mahasiswa mampu
merancang ruang kelas
yang ideal untuk
pembelajaran
|
Pokok Bahasan :
4. Pengaturan Kondisi dan Penciptaan Iklim Belajar yang Menunjang
Sub Pokok Bahasan :
a. Pengaturan Kondisi Kelas
b. Prinsip Penataan Kelas
c. Penciptaan Iklim Kelas yang Kondusif
d. Kondisi Sosio-Emosional
e. Pengembangan Komunikasi di Kelas
f. Mengajar yang efektif
|
Membuat makalah
|
9,10,11
|
Mahasiswa dapat
mengidentifikasi perilaku
anak dan menerapkan
pembinaan disiplin pada
anak
|
Pokok Bahasan :
5. Prinsip-prinsip Disiplin Kelas
Sub Pokok Bahasan :
a. Pengertian Disiplin
b. Pembinaan Disiplin dan Perilaku pada level sekolah
c. Membina hubungan sekolah dan masyarakat
d. Sumber pelanggaran disiplin
e. Peraturan dan Tatib Kelas
f. Hak, kebutuhan siswa dan Tampilan guru dlm hubungannya dgn disiplin
|
Membuat makalah
|
12, 13,
|
Mahasiswa mampu
menganalisis dan mencari
alternatif pemecahan
hambatan dalam
pengelolaan kelas
|
Pokok Bahasan :
6. Tahapan dan Penanggulangan Pelanggaran Disiplin
Sub Pokok Bahasan :
a. Tahapan memelihara disiplin
b. Jenis gangguan dan cara penanggulangan gangguan disiplin
c. Kebiasaan hidup tertib
|
Membuat makalah
|
Ujian Akhir Semester
|
Keterangan:
Penilaian dilakukan dengan memperhatikan beberapa komponen dengan bobot sebagai berikut :
Partisipasi Kuliah (PK) 10
Tugas-tugas (TT) 20
Ujian Tengah Semester (UTS) 20
Ujian Akhir Semester (UAS) 40
Presensi 10
100
Daftar Literatur/Referensi
1. Wragg. E.C. 2004. Manajemen Kelas. Jakarta: Grasindo.
2. Rachaman, Maman. 1988/1989. Manajemen Kelas. Jakarta: Depdikbud.
3. Hadi, A.Soedama. 2005. Pengelolaan Kelas. Solo: UNS.
Tuban, Oktober 2012
Asisten Dosen,
mohon ijin mengcopi sebagai bahan perbandingan silabus kami dan terima kasih
BalasHapusmohon ijin mengcopi sebagai bahan perbandingan silabus kami dan terima kasih
BalasHapus